analisis teknikal sederhana: BUMI

per tgl 22 November 2017, 300 dah tersentuh neh (@ 306): 
pasca September rendah @ 174, maka dalam 2 bulan terakhir berimpitan dengan kenaekan tren harga energi (minyak, batu bara), tren harga saham BUMI ikut naek lah (indy seh yang melesat; adro rada ragu-ragu tuh)... malah terobos batas atas bollinger band, sehingga ekspektasi k 350 bisa terjadi dari posisi saat ini 306... stochastic seh dalam area dekat JENUH BELI, ekspektasi naek mase kuat dibarengi daya jual juga makin kuat untuk mengimbangi daya beli dalam area JENUH BELI... parabolic sar: jelas mase ada daya beli... ekspektasi mase mungkin 306-350 terjadi dalam akhir taon 2017 ini ... liat aza :)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inilah rekomendasi teknikal tiga saham pilihan dari sejumlah analis untuk perdagangan Rabu (11/10) di Bursa Efek Indonesia.
1. PT Bumi Resources Tbk (BUMI)
Harga saham BUMI melampaui garis EMA 36 dan 89 sehingga terjadi tren bullish. Terlihat pola white closing marubozu candle yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation, didukung oleh indikator Aroon dan SAR yang menunjukkan sinyal positif. Namun, indikator Stochastic dan RSI mendekati area jenuh beli (overbought).
Rekomendasi: Hold
Support: Rp 286
Resistance: Rp 322
(Nafan Aji, Binaartha Parama Sekuritas)
2. PT HM Sampoerna Tbk (HMSP)
Pergerakan saham HMSP secara umum masih dalam tren bullish. Hal ini diperlihatkan oleh indikator RSI yang berada di level 60,2% atau belum menyentuh area jenuh beli. Sementara itu, indikator Stochastic berada di level 51,1% sedangkan harga saham HMSP masih diperdagangkan di atas MA30 dan MA20.
Rekomendasi: Buy on weakness
Support: Rp 4.050
Resistance: Rp 4.170
(Aditya Perdana Putra, Semesta Indovest)
3. PT Indika Energy Tbk (INDY)
Sejauh ini, pergerakan INDY masih dalam tren naik secara jangka panjang. Namun, kondisi harga dalam jangka pendek telah overbought. Hal ini terlihat dari indikator Stochastic maupun RSI yang mengindikasikan adanya konsolidasi harga dengan potensi koreksi hingga ke level Rp 2.790.
Rekomendasi: Buy on weakness
Support: Rp 2.790
Resistance: Rp 3.000
(Khrisna Dwi Setiawan, Launtandhana Sekuritas)
per tgl 25 Oktober 2017: 
stochastic: JENUH BELI
Bollinger Band: sudah tembus batas atas BB, sehingga mencapai 242... ekspektasi k 300 tampak, tertinggi dalam 2017 mungkin bisa @ 454
parabolic sar: momentum beli maseh ada n cukup kuat
kesimpulan sederhana: liat catatan per September 2017
September 2017: 
secara teknikal, ada tren Stochastic yang mantul naek, @ 57, maka ada ekspektasi menuju area beli yang lebe kuat ... jauh dari area jenuh beli, bahkan dari area jenuh jual ... mantul naek dari harga saham 174 di sekira September 2017 maseh tetap berfluktuasi naek ... tren harga batubara global ikut mempengaruhi tren harga saham penambang batubara, yang fundamentalnya maseh stabil ...
tren di area Bollinger Band juga jelang tembus batas atas 210 menuju 250, atawa 300 ... akhir taon jelang musim dingin di belahan bumi utara akan berimbas sedikit positif @ tren harga batubara ... permintaan industri n konsumen di negara tirai bambu, China, mungkin juga akan sedikit mendorong tren harga batubara ... well, liat aza :)
analisis sederhana ala warteg saham gw, ot C, @ IHSG pra BULLISHNESS November -Desember 2017

Comments